Kursus digital marketing bisa dibilang sebagai salah satu strategi yang memberikan keuntungan karena pemasaran menggunakan media elektronik. Dahulu, media pemasaran secara digital sangatlah terbatas, yaitu radio dan televisi sehingga penyampaian informasi hanya bisa dilakukan dalam satu arah sehingga pemilik bisnis tidak mendapatkan feedback dari konsumen atau pembeli.
Seiring dengan perubahan zaman, perkembangan teknologi digital terjadi dengan begitu pesatnya. Kecanggihan teknologi ini sudah memasuki berbagai sisi kehidupan manusia, termasuk dalam pemasaran bisnis. Penerimaan masyarakat akan strategi pemasaran ini pun sangat baik. Tidak heran jika kemudian banyak bisnis yang mengubah strategi pemasarannya menjadi lebih modern dan kekinian.
Terdapat beberapa contoh teknik pemasaran secara digital yang bisa dilakukan, seperti iklan televisi dan radio, promosi media cetak, periklanan online (seperti Google Ads, FB Ads dll), mobile marketing, email marketing, billboard elektronik (video tron) hingga SEO (Search Engine Optimization). Anda bisa memilih teknik mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada.
Keuntungan Kursus Digital Marketing Dibanding Konvensional
Anda mungkin sudah mengenal media promosi berupa koran, brosur atau semacamnya dimana Anda tidak bisa menentukan siapa yang akan membelinya. Berbeda dengan pemasaran secara digital dimana Anda bisa menggunakan media digital, termasuk online yang bisa dilakukan pengukuran secara tepat hingga real-time sehingga promosi lebih tepat sasaran.
Dalam kursus digital marketing, penggunaan media digital memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa persen konversi penjualan setiap iklan, durasi waktu iklan video produk atau jasa yang ditonton, dan hal-hal lain yang terkait. Informasi ini memudahkan Anda untuk melakukan evaluasi dan menentukan iklan seperti apa yang baik dan tidak untuk bisnis Anda. Iklan yang baik tentunya yang bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang.
Kemudahan memantau tracking digital marketing ini membantu Anda sebagai pelaku bisnis dalam menghitungkan ROI (Return of Investment) dari budget yang sudah dikeluarkan perusahaan untuk marketing. Dengan demikian, Anda bisa melihat, apakah iklan tersebut dapat memberikan keuntungan atau Anda justru merugi karena promosi tidak mampu memikat banyak pembeli atau konsumen.
Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki pemasaran digital adalah jangkauan geografis yang lebih luas karena Anda bisa memasarkan brand produk atau konten ke seluruh penjuru dunia hanya dengan beberapa kali klik. Kemudahan pun didapatkan oleh kedua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Hal inilah yang membuat kursus digital marketing sangat diperlukan.
Cara Memulai Digital Marketing
Mengingat jangkauan pasar pemasaran digital yang lebih luas, maka seorang marketer harus memahami teknik dan resource yang dibutuhkan perusahaan untuk mendongkrak penjualan atau memajukan bisnisnya dengan lebih optimal. Aset menjadi salah satu elemen yang penting dalam digital marketing. Jadi, Anda bisa mempelajarinya terlebih dulu dan fokus pada beberapa aset bersama kursus digital marketing.
Beberapa aset yang dimaksud dalam pemasaran digital ini adalah website, akun media sosial, postingan blog, jejak online, identitas brand dan lain sebagainya. Setelah memiliki beberapa aset tersebut, Anda hanya perlu mengoptimalkannya untuk membangun brand yang dimiliki. Misalnya saja, rutin membuat konten mengenai brand Anda ke blog atau media sosial Anda.
Selain pembuatan konten yang menarik, Anda juga harus aktif dalam marketplace atau forum lain untuk membuat profil usaha Anda memiliki rating dan review yang baik dari pelanggan. Hal ini dikarenakan dapat berpengaruh terhadap citra perusahaan sehingga Anda bisa berusaha lebih keras lagi.
Tidak mudah memang menjalankan pemasaran secara digital karena diperlukan strategi tersendiri untuk bisa memikat hati konsumen. Jadi, pilih teknik atau strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan. Penggunaan jasa kursus digital marketing akan membantu Anda dalam memahami setiap teknik atau strategi pemasaran secara digital.